Senin, 05 Desember 2011

Tugas KELOMPOK STI KORPORAT


TUGAS KELOMPOK ANALISA SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI KORPORAT
   

FAUZAN                            207130004
FAKHRUL MUBARAK      207130026


INSTITUT KEUANGAN PERBANKAN DAN INFORMATIKA ASIA
PERBANAS, JAKARTA
2011













Toko Bagus
Tokobagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.
Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikan secara online beserta harganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet.Fokus situs ini adalah perdagangan online.

Fitur - Fitur
·         Fitur pencarian barang
·         fitur pencarian barang berdasarkan provinsi asal penjual
·         Memasang iklan gratis
·         Shortcut katagori pencarian barang pada sisi kiri tampilan home page
·         Fitur iklan iklan terbaru, terlaris  
·         Tersedia juga berita-berita update


ANALISA SWOT

SWOT adalah singkatan yg diambil dari huruf depan kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat, yg dalam bahasa Indonesia mudahnya diartikan sbg Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.
Metoda analisa SWOT bisa dianggap sbg metoda analisa yg paling dasar, yg berguna utk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yg ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman.
Jika digunakan dgn benar, analisa SWOT akan membantu kita utk melihat sisi-sisi yg terlupakan atau tidak terlihat selama ini.
S – Strenghts
Mencerminkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau produk. Dalam kasus  Toko Bagus hal ini tercermin dari adanya verifikasi atau pengecekan alamat penjual (pemasang iklan) di toko bagus sehingga meminimalisasi penipuan.
W - Weaknesses
Mencerminkan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. Dalam kasus Toko Bagus kelemahan yang mereka miliki adalah masih kurangnya promosi sehingga banyak masyarakat kurang tahu apa itu Toko Bagus
O - Opportunities
Mencerminkan peluang yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. Dalam kasus Toko Bagus peluang yang mereka miliki adalah makin banyaknya masyarakat Indonesia yang berbelanja secara online dan menilai dari semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia
T – Threats
Mencerminkan ancaman potensial yang dihadapi oleh suatu perusahaan atau produk. Dalam kasus Toko Bagus, ancaman yang paling potensial adalah pesaing meraka seperti kaskus FJB. sampai saat ini total members kaskus sudah melebihi 3 juta member belum lagi orang hanya melihat lihat saja ( tidak terdaftar sebagai member )  dan Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.

HIRARKI WEB TOKO BAGUS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar